Jika Anda mengetikan kata kunci di Google dengan keyword ” Jasa pembuatan website murah ” sangat banyak sekali hasil berbagai website penyedia jasa pembuatan web yang memberikan harga murah. Namun seperti apa sih bentuk dan jasa pembuatan website murah itu ?
Mengapa mereka memberanikan diri menyediakan jasa pembuatan website dengan biaya yang murah bahkan sangat murah di bandingkan penyedia jasa pembuatan website lainnya.

Standar Harga Pembuatan Website

biaya standar pembuatan website bisa di bilang beragam tergantung dari fitur dan kelengkapan dari pembuatan website itu sendiri, jika membuat website yang simple maka tentu harga lebih murah dari website yang memiliki fitur-fitur yang canggih sesuai perkembangan web design indonesia itu sendiri. Harganya pun bervariatif dari yang menyediakan jasa pembuatan website Rp. 500.000 sampai dengan ratusan juta rupiah sesuai dengan fitur, maintentance dan kelengkapan website itu sendiri.

Apa sajakah biaya dasar dari pembuatan website ?

  1. Pembelian Domain

    Domain merupakan alamat dari situs Anda. Contohnya www.Daduweb.com atau www.google.com, dan  harga per tahunnya berkisar dari Rp. 100.000-an, dan harus diperpanjang untuk tiap tahunnya jika Anda ingin terus menggunakan.
  2. Server hosting

    Untuk paket shared sebagai paket awal website, biasanya  harga per tahunnya bisa mencapai Rp100-200 ribu. Dan bila website Anda berpotensi memiliki traffic yang tinggi, paket hosting bisa bertambah biayanya.
  3. CMS Website

    Dalam pembuatan website ada berbagai CMS yang tersedia, ada WordPress, Blogspot, Joomla, dan untuk toko online pun telah di jelaskan di artikel sebelumnya tentang berbagai CMS Toko Online. Biayanya tergantung bisa sangat murah dengan memanfaatkan fitur gratisan, atau menggunakan fitur unggulan dan CMS yang profesional.
Nah dari 3 point diatas tentunya Anda bisa mengetahui biaya pokok pembuatan website minimal Rp.300.000 (dengan catatan CMS gratis dan Fitur Seadanya) tapi bila Anda menginginkan fitur yang lengkap dengan CMS profesioanl atau template premium tentu harga pembuatan website tidak akan semurah itu.

Lalu Mengapa Ada Website Dengan Harga Jutaan ?

Biaya dasar sebelumnya merupakan harga pembuatan website belum termasuk kreativitas,skill, biaya dan kerumitan struktur coding – design dan tentu jam terbang yang sudah lama. 2 point inilah yang menjadikan sebuah website bisa di hargai hingga jutaan rupiah dan sebanding dengan hasil website yang di kerjakan.

Harga Menentukan Kualitas

wah tentu Anda sering mendengar istilah ini, dan pada dasarnya hal ini juga terjadi dalam pembuatan website, jika Anda memilih jasa pembuatan website murah sudah pasti kualitasnya tidak sebaik dengan fitur website atau toko online yang mengungulkan kualitas dan design web yang berkualitas.
Dalam pembuatan website dengan harga murah , pastinya ada beberapa hal yang harus di korbankan misalnya, memilih CMS gratisan dan domain gratisan, hal ini tentunya membuat website Anda tidak profesional. Jika Anda membuat toko online, maka pengunjung yang dapat ke website Anda akan was-was dan tidak mudah percaya terhadap toko online Anda.
Memakai domain gratisan juga sangat amat tidak disarankan untuk Anda yang ingin melakukan pembuatan website. Karena domain gratisan berpotensi di hapus, contohnya adalah domain .tk dan domain .co.cc , domain gratis yang kini sudah tidak berfungsi kembali. Bayangkan bila website Anda telah berkembang dan tiba-tiba domain website Anda tidak dapat di akses  ? tentu akan sangat merugikan Anda.
Berbeda dengan toko online yang di buat profesional maka akan menunjukan profesionalitas Anda dan Branding yang baik.Dengan web CMS yang di buat sendiri atau menggunakan self hosting wordpress tentunya akan membuat website Anda lebih terlihat baik dan berkualitas. Dengan domain berbayarpun Anda terjamin karena tidak ada penghapusan secara sepihak . Website Anda pun dapat di buat sesuai kebutuhan tidak berdasarkan template website semata.

Kesimpulan

Dalam pembuatan website juga kita kenal dengan hukum dasar harga menentukan kualitas , dimana jika Anda menginginkan website yang berkualitas tentu harga yang di bayarkan akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan membuat website dengan harga murah. Hal yang terbaik adalah mencari jasa pembuatan website yang memiliki portofolio yang jelas dengan harga yang kompetitif tidak terlalu mahal ataupun murah.  jadi bagaiamana dengan pilihan Anda ?, jasa pembuatan website murah atau berkualitas ?


Sumber : http://www.daduweb.com/web-design/berapa-harga-standar-atau-biaya-pembuatan-website/